Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Kegiatan Gerakan Pakan Ikan Mandiri


Dalam rangka mendukung program gerakan pakan ikan mandiri Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Pasaman menyelenggarakan pelatihan pembuatan pakan ikan buatan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 07 - 11 Mei 2018  diikuti oleh 30 orang pembudidaya ikan.

 

Dalam pelatihan ini para pembudidaya ikan diajarkan teori dan praktIk pembuatan pakan ikan buatan meliputi pemilihan bahan, penyusunan formulasi pakan ikan, pengolahan bahan baku, mencetak pakan dan pengemasan. Pada pelaksanaan pelatihan pembuatan pakan ikan pembudidaya juga himbau memanfaatkan bahan baku lokal dalam pembuatan pakan ikan, dimana bahan baku yang digunakan merupakan limbah yang belum termanfaatkan dan harga bahan yang murah. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya produksi budidaya ikan.

 

Pelatihan ini sangat disambut antusias oleh peserta yang selama ini mengeluhkan harga pakan ikan yang semakin tinggi. Setelah pelatihan ini diharapkan peserta mampu membuat pakan ikan secara mandiri dengan kualitas yang sama dengan pabrikan. Dengan penggunaaan pakan ikan buatan sendiri diharapkan dapat menekan biaya produksi budidaya dan meningkatkan keuntungan pembudidaya ikan, dimana hal tersebut berimbas pada peningkatan kesejahteraan pembudidaya ikan di kabupaten pasaman.

Bagikan ke Jejaring Sosial